Aplikasi Chating di Android

social
ilustrasi media sosial

Oleh : Nurdiana Hera NF (Guru TIK MAYOGA)
Chatting menjadi media komunikasi paling populer yang menggantikan komunikasi lewat SMS. Pengguna mulai beralih menggunakan chatting karena biaya lebih murah jika dibandingkan dengan biaya SMS. Chatting hanya memanfaatkan sarana internet untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Berikut ini beberapa aplikasi chatting yang banyak diminati oleh pengguna Android :

  1. Whatsapp
    WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan seluler lintas platform yang memungkinkan Anda untuk bertukar pesan tanpa harus membayar SMS. Aplikasi ini gatis pada awalnya, tetapi kedepannya berbayar. Untuk bisa menikmati obrolan pesan, teks, gambar, suara dan grup chatting, Anda harus mendaftarkan nomor handphone agar bisa menggunakan aplikasi ini. Group chat dibatasi hanya 30 nomor, hanya admin yang bisa menambahkan nomor atau teman lainnya.Kelebihan WhatsApp terletak pada antarmuka dan fungsi yang standar yang membuat aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun. Bisa digunakan di perangkat Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone.Kekurangan WhatsApp adalah  harus berbayar setiap tahun sekali.
  2. Line
    Selain untuk chatting, Line juga menyediakan fitur FREE CALL, yakni telepon tanpa menggunakan pulsa, melainkan menggunakan data jaringan internet. Selain itu Line juga menyediakan berbagai macam sticker. Untuk saat ini LINE baru bisa berjalan di OS IOS dan Android.Kelebihan Line :
      • LINE memberikan layanan free call menggunakan data internet.
      • Grup Messenger sampai 100 anggota.
      • LINE mempunyai nomor telphone sebagai Account ID seperti Whatsapp, tapi juga bisa mempunyai User ID untuk mempermudah orang meng-invite ID kita dan menyembunyikan nomor telphone kita jika itu privacy.
      • Selain itu LINE juga menyediakan Add friend melalui QR code dapat dibuat gratis melalui LINE, sesuatu yang jarang di aplikasi serupa.
      • LINE selain menyediakan emoticon dan autotext juga menambah tambahan baru yaitu Stickers, hampir serupa dengan emoticon tapi dengan expresi lebih banyak dan besar,dan juga ringan.
      • LINE menyediakan fitur Block/Black List ID atau No HP yang tidak kita inginkan, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan kita.
      • LINE memungkinkan digunakan di OS Windows/MacOS, bagi yang belum mempunyai Smartphone dengan OS IOS (Iphone) atau Android bisa mencoba menggunakan PC.

    Kekurangan Line :

    • Koneksi Data dari LINE masih belum terlalu stabil, masih belum sebaik Whatsapp dalam mengirim dan menerima data.
    • Untuk fitur Call akan berjalan lancar jika jalur data minimal 3G/HSDPA, belum bisa untuk OS, winphone, symbian dan BB.
  3. WeChat
    WeChat adalah aplikasi chatting lintas ponsel yang sedang digemari terutama kaum muda. Selain fitur bertukar pesan singkat, WeChat juga menawarkan fitur lain yang menarik seperti video chat, berbagi foto, hold-to-talk voice messaging, shake to find friends, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi ini mendukung beberapa sistem operasi mobile seperti iOS, Android, Symbian, WindowsPhone, dan Blackberry. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, berbagi gambar, dan sebagainya lintas sistem operasi seperti aplikasi WhatsApp dan Line
    Kelebihan :
    • Lintas platform baik Android, iPhone, Symbian dan Windows Phone dan dapat diunduh secara gratis
    • Memiliki beberapa fitur seperti Voice Messaging, Shake, Look Around, dan Drift Bottle, dapat juga digunakan untuk berbagi foto kepada teman anda yang memiliki akun WeChat.
    • Bisa menggunakan komputer pribadi hanya dengan mengisi QR code saja.
    Kekurangan: belum didukung dengan emoticon dan stiker lucu yang kini sedang diminati pengguna smartphone.
  4. KakaoTalk : Free Call & Text
    Aplikasi ini berasal dari Korea Selatan, selain fitur mengirim pesan standar seperti berbagai pesan teks dan gambar, Kakao Talk juga memiliki kemampuan untuk menelpon secara gratis dengan VoIP. Free Talk yang ada di KakaoTalk, dapat digunakan untuk menelpon secara bersamaan tanpa batas. Semakin banyak yang menggunakan chat bersamaan akan berpengaruh pada kualitas suaranya, tergantung juga dari kualitas internet yang digunakan.Pada Item Shop menjual berbagai macam stiker, pengguna bisa menggunakan emoticon tersebut selama 90 hari sebelum membelinya.Kelebihan : menelpon gratis atau group chat sesama akun dengan jumlah sangat banyak. Item seperti stiker atau emoticon pun bisa dicoba sebelum dibeli.Kekurangan : Emoticon di Kakao Talk masih kurang ekspresif. Fitur yang ditawarkan tidak terlalu banyak. Aplikasi ini berjalan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry.

Setelah mengetahui beberapa aplikasi chatting di Android, masing-masing kelebihan dan kekurangannya, semoga review ini dapat membantu Anda menentukan pilihan aplikasi chatting yang akan Anda gunakan di smartphone Android Anda.

Sumber :

  • http://berbagiinfo4u.blogspot.com/2013/05/apa-itu-line.html
  • https://www.facebook.com/permalink.php?id=432994103422691&story_fbid=432998316755603
  • http://ciricara.com/2013/03/26/ciricara-cara-mendaftar-dan-menggunakan-wechat/
  • http://www.didno76.com/2013/09/kelebihan-dan-kekurangan-bbm-whatsapp.html

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *