Profil

MAN YOGYAKARTA III dipilih dan ditetapkan sebagai Rintisan Madrasah Unggul dengan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Nomor 609 B tahun 2012 tanggal 4 Oktober 2012.

Rintisan Madrasah Unggul (RMU)

Rintisan Madrasah Unggul adalah madrasah yang diselenggarakan dengan menggunakan Standar Nasional Pendidikan (SNP), diperkaya dengan berbagai keunggulan dengan target capaian menggabungkan kualitas madrasah dan pembentukan karakter santri. SNP adalah standar minimal yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan meliputi standar kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan. Sedangkan pengayaan dapat berupa penyesuaian, penguatan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman pada peningkatan mutu pendidikan, dengan berbasis keunggulan lokal, dan keunggulan keislaman maupun standar pendidikan negara maju. Dalam rangka peningkatan mutu, Rintisan madrasah unggul dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak (networking)antara lain diarahkan pada pola perujukan (benchmarking). Selain itu, juga dapat dilakukan sertifikasi atas keunggulan-keunggulan yang dikembangkan madrasah baik pada level kelembagaan maupun lainnya.

TUJUAN

  1. Tujuan Umum
    Pengembangan program Rintisan Madrasah Unggul bertujuan meningkatkan kinerja madrasah dalam mewujudkan situasi belajar dan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional secara optimal dalam mengembangkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dan memiliki daya saing pada level nasional dan internasional.
  2. Tujuan Khusus
    Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dalam menyiapkan lulusan madrasah yang memiliki kompetensi seperti yang tercantum dalam Standar Kompetensi Lulusan, yaitu lulusan yang berdaya saing dan memiliki karakter sebagai berikut :
    • Memiliki akidah yang lurus dan beribadah dengan benar.
    • Memiliki akhlak yang mulia.
    • Cerdas, memiliki wawasan keilmuan yang luas, kritis, kreatif, dan inovatif.
    • Memiliki jasmani dan rohani yang sehat dan kuat.
    • Memiliki jiwa pengabdian dan senantiasa memberi manfaat bagi orang lain.
    • Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Memiliki daya saing dan kemandirian.
    • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Arab secara efektif.
    • Memiliki kecintaan pada bangsa dan NKRI.