Sleman (MAN 3 Sleman) – Pelayanan prima menjadi salah satu point plus yang harus dimiliki sebuah instansi. Pelayanan yang baik akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan dan meningkatkan citra instansi itu sendiri. Hal ini yang selalu diterapkan di MAN 3 Sleman, terus melakukan evaluasi dan memperbaiki pelayanan agar bisa memberikan kualitas yang prima.
Jumat (6/12/2024) MAN 3 Sleman menggelar pelatihan excellent service dengan mengundang Hj. Dewi Sri Hidayati, S.Pd. atau yang lebih familiar dengan nama Hj. Dewi Hajid, S.Pd. Beliau merupakan pemerhati pendidikan dan instruktur pelatihan yang sangat berpengalaman dalam bidang tersebut. Kedatangan Dewi di MAN 3 Sleman mendapat sambutan yang luar biasa. Siapa tak kenal dengan narasumber satu ini, guru pegawai bahkan siswa MAN 3 Sleman akrab memanggilnya Ms Dewi. Puluhan tahun menjadi guru Bahasa Inggris dan pernah menjabat sebagai kepala asrama pondok pesantren Muntasyirul Ulum. Terhitung sejak akhir tahun 2023, Ms Dewi purna tugas dari MAN 3 Sleman.
Pada pelatihan ini, materi yang disampaikan berkaitan dengan bagaimana menciptakan excellent service di madrasah. Bapak ibu guru pegawai harus memperhatikan beberapa hal penting, mulai dari ekspresi wajah, sikap, penampilan, gesture tubuh hingga cara berbicara. Menurut narasumber, kesan pertama adalah yang terpenting. “Siapapun tamu yang kita temui, baik internal maupun eksternal kesan pertama adalah yang terpenting, maka dari itu berikan pelayanan yang terbaik,” kata Dewi.
Dalam kesempatan tersebut, peserta pelatihan juga diajak untuk praktik bagaimana mengaplikasikan pelayanan yang paling sederhana, yakni senyum. Tampak sederhana namun senyum memiliki beberapa karakter. Pelatihan berjalan lancar dengan antusias peserta yang sangat baik. (est)