REVIEW SATU TAHUN PELAKSANAAN ISO 9001:2008 DI  MAYOGA

Tak terasa implementasi  managemen mutu ISO-9001:2008 di Mayoga telah berjalan satu tahun. Proses panjang untuk meraih sertifikat ISO nampaknya telah membawa perubahan paradigma pelayanan prima di Mayoga. Acara review dipandu oleh konsultan ISO madrasah Dr. Sukamto. Dengan penuh semangat pak Kamto menjelaskan kembali bahwa:”Dengan mengimplementasikan ISO diharapkan layanan madrasah menjadi bermutu. Mutu itu apabila memuaskan pelanggan  madrasah atau sesuai standar, mutu juga bisa diukur dengan fungsinya dan mutu bisa berupa derajat tertentu yang dikehendaki pelanggan madrasah”.

Tujuan dari acara review ISO ini adalah merefres kembali konsep dan standar manajemen mutu sekaligus untuk persiapan audit internal dan eksternal yang harus dipersiapkan. Acara yang berlangsung dua hari, rabu-kamis (7-8/15), berlangsung di gedung PSBB MAN Yogyakarta III.

ISO bisa dijadikan alat memperbaiki proses manajemen madrasah  yang kurang baik, ISO bisa menjadi standar perilaku dan standar budaya mutu di madrasah. Diakhir reviewnya pak Kamto wanti wanti betul agar ISO tidak hanya menjadi formalitas di madrasah.(Aby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *