Berita

Peringati World Book Day, Perpustakaan MAN 3 Sleman Kunjungi Panti Asuhan dan Ponpes Rumah Sajada

Sleman (MAN 3 Sleman)—Tanggal 23 April, dunia memperingatinya sebagai Hari Buku Sedunia. Tak terkecuali bagi Perpustakaan MAN 3 Sleman yang biasa disebut dengan Perpustakaan Mayoga. Bertepatan dengan momen tersebut, perpustakaan yang memiliki tagline “Tak Sekadar Menjadi Jantung Pembelajaran, Perpustakaan MAYOGA Melejitkan Jiwa” tersebut menggandeng Mayoga Books Lover (MBL) MAN Sleman untuk melakukan serangkaian kegiatan yang dipusatkan di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Rumah Sajada pada Jumat (23/4/2021).
Diterima secara hangat oleh para pengelola Rumah Sajada, rombongan Perpustakaan Mayoga dan anggota MBL yang berjumlah tak kurang dari 7 orang tersebut langsung menuju Ruang utama Aula Kompleks Putra yang berlokasi di Desa Wirokraman Sidokarto Godean Sleman.

Dipihnya Rumah Sajada ini bukannya tanpa alasan. Menurut Kepala Perpustakaan Mayoga, Dra. Khusnul Daroyah dalam keterangannya menyebutkan bahwa selain tujuan utamanya adalah untuk temu tokoh penulis buku dan bincang santai bersama Ust. Fatan Fantastik, Sang penulis buku “Bikin Belajar Selezat Coklat” itu, yang kebetulan beliau juga merupakan salah satu pengasuh yayasan tersebut, kunjungan ini pun juga dimaksudkan untuk berbagi di bulan ramadhan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk hibah buku bacaan, uang tunai, dan sembako.

Dalam prakata sambutannya pun, wanita yang didaulat menjadi Kepala Perpustakaan Mayoga sejak tahun 2019 ini pun menyampaikan, bahwa melalui kegiatan ini ada harapan besar kepada para siswa Mayoga, khususnya bagi anggota MBL untuk selalu mencintai buku, dan mengobarkan semangat literasi bagi lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangkaian untuk menyemarakkan Hari Buku Sedunia, dengan harapan kami mengajak anak-anak untuk mencintai buku dengan cara yang berbeda. Dengan menghibahkan buku, kami berharap agar kegiatan literasi dapat berjalan dimana-mana, sehingga para santri yang berada di sini pun akan semangat untuk membaca, dan senang berliterasi,” terang Khusnul.

Lebih lanjut Khusnul pun menyampaikan bahwa tujuan berikutnya dari kunjungan ini adalah untuk bincang santai menimba pengalaman dengan Ust. Fatan terkait dengan kiprahnya di dunia perbukuan, tulis menulis, dan literasi. Wanita gesit ini pun menyampaikan bahwa kegiatan bincang santai ini nantinya akan dibuatkan channel Youtube dan diunggah di website Perpustakaan Mayoga, sehingga anggota MBL dan para siswa MAN 3 Sleman lainnya yang tersebar di rumah masing-masing tetap dapat mengikuti sharing dari penulis buku tersebut secara online.

“Mohon sekiranya nanti bisa disharingkan pengalaman-pengalaman Ust. Fatan sebagai penulis buku juga terkait dengan dunia tulis menulis, perbukuan, dan literasi. Dan sekiranya, seperti apakah tantangan-tantangan di era digital ini terkait dengan buku dan kegiatan membaca. Apa yang perlu kami lakukan dalam menghadapi tantangan tersebut. Nah, mudah-mudahan apa yang Ust Fatan sharingkan kali ini nantinya akan bermanfaat bagi anak-anak kami di MAN 3 Sleman, dan tentunya akan menjadi spirit baru untuk terus mencintai buku,” tutur dia lagi.

Sementara itu, Ust. Fatan yang didampingi Ust. Wahyu sebagai pengurus Perpustakaan Maktabah Rumah Sajada menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya atas silaturahmi dan kesempatan ini, semoga ke depan akan terus terjalin silaturahmi yang baik antara MAN 3 Sleman dan Rumah Sajada.

“Terimakasih atas kepercayaan dan silaturahmi ini, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi MAN 3 Sleman dengan Rumah Sajada sehingga ke depan akan terus terjalin silaturahmi yang baik ini. Dan semoga kegiatan ini akan bernilai ibadah untuk kita semua,” ungkap Ust. Fatan sesaat sebelum melepas kepulangan rombongan. (rta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button