Puluhan Siswi MAN 3 Sleman Ikuti Sampling Pemeriksaan Anemia

Sleman (MAN 3 Sleman) – Puskesmas Mlati 1 melakukan pemeriksaan anemia terhadap puluhan siswi MAN 3 Sleman. Sampling tersebut mengambil peserta dari kelas X dengan total peserta kurang lebih seratus siswa. Kegiatan ini dilakukan di ruang AVA pada Selasa (7/11/2023).

Anemia merupakan suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal (WHO, 2011). Pada kesempatan ini, petugas kesehatan dari Puskesmas melakukan pemeriksaan mulai dari tensi, berat badan, tinggi badan, kondisi kelopak mata, kulit kuku, hingga telapak tangan.

Salah seorang peserta merasa pemeriksaan anemia sangatlah penting. “Pemeriksaan anemia sejak dini sangatlah penting. Setelah dilakukan pengecekan, hasilnya saya anemia. Mungkin karena saat ini saya sedang tidak fit,” terang Kirana, kelas XD.

Tidak hanya sebatas memeriksa, Puskesmas Mlati 1 juga memberikan edukasi melalui brosur tentang seluk beluk anemia. Para siswi pun mendapat informasi bagaimana mengidentifikasi anemia, cara mencegahnya, penyebab, serta dampaknya.

MAN 3 Sleman sendiri rutin memberikan tablet tambah darah (TTD) kepada seluruh siswi kelas X, XI, XII setiap hari Jumat. Hal ini dilakukan demi mencegah anemia yang nantinya bisa mengganggu kesehatan dan prestasi belajar siswa. (est)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
makanan halal itu sehat, bagus postinganya
artikel pengetahuan AI sungguh bermanfaat. Era digital membuka berbagai peluang melalui kemajuan teknologi yang canggih.…
Pendaftaran MAN 3 Sleman belum bisa diakses dari tgl.4 Januari 2024 hingga tgl 8 Januari…