Berita

Aisyah Nur Khoiriyah, Siswa MAN 3 Sleman Masuk 5 Nominasi Karya Terbaik Lomba Lukis DIY-Kyoto


Sleman (MAN 3 Sleman) — Hobi melukis yang ditekuni Aisyah Nur Khoriyah sejak kecil, ternyata mampu mengantarkan siswa kelas XI IPA 2 MAN 3 Sleman ini memperoleh nominasi ke lima atau Juara Harapan 2 dalam Lomba Lukis DIY-Kyoto yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman pada Kamis, (27/8/2020).

Lomba yang berlangsung di Gedung Serbaguna, Denggung Tridadi Sleman ini berlangsung selama empat hari, Senin hingga Kamis (24-27/8/2020) dan diikuti oleh pelajar mulai dari tingkat TK/RA hingga SMA/SMK/MA di wilayah Kabupaten Sleman. Sedangkan untuk jumlah peserta oleh pihak panitia dibatasi hanya 160 peserta saja, dan 40 peserta untuk masing-masing tingkat.

“Wabah ini Mengurungku”, menjadi judul lukisan Aisyah dalam lomba kali ini. Melalui lukisannya, Aisyah ingin menyampaikan pesannya melalui fantasi orang dalam karyanya. “Lukisanku ini menggambarkan seorang anak yang sangat ingin jalan-jalan ke Jogja, namun keinginannya tertahan karena pandemi Covid-19 yang mengharuskannya untuk stay at home,” kata Aisyah dalam chat Whatsapp.

“Bermain warna itu hobiku sejak kecil, saya sangat menyukai kegiatan mewarnai, menggambar, dan dunia seni lukis. Saya otodidak sendiri, makanya pelajaran Seni Budaya dan Kewirausahaan (SBK) adalah pelajaran yang paling saya tunggu,” ketik Aisyah lebih lanjut.

Dari hobi sejak kecil ini, Aisyah telah mampu memperoleh berbagai kejuaraan sekaligus beragam penghargaan. Diantaranya adalah Juara 2 Lomba Mewarnai Tingkat TK se DIY di UGM, Juara 2 Lomba Mewarnai Tingkat SD dalam Acara Gelar Budaya Sindudadi di MMTC, Juara 2 Lomba Menggambar Lambang Burung Garuda Tingkat SMP di Kemenag DIY, Juara 1 Lomba Kaligrafi Tingkat SMP se Kecamatan Ngaglik, dan Juara 1 Lomba Poster Ilmiah Tingkat SMA se Kabupaten Sleman. Dan dari perolehan kejuaraan dalam Lomba Lukis DIY-Kyoto ini Aisyah berhak memperoleh trophy kejuaraan, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-.

Sementara itu, Kistanto Raharjo, S.Pd, Guru SBK MAN 3 Sleman yang sekaligus pembimbing Aisyah memberikan kesaksian bahwa Aisyah memang sangat berbakat. “Hasil setiap goresan lukisan Aisyah memang terlihat sangat berbakat. Dia siswa yang mudah dibimbing, sangat antusias dan responsive saat pelajaran SBK berlangsung. Termasuk dalam menghadapi lomba ini, bimbingan hanya kami lakukan melalui online. Namun begitu, hasilnya sungguh luar biasa. Saya patut berbangga hati, dan semoga ke depan prestasinya akan semakin gemilang,” terang Kistanto juga melalui pesan WA. (rta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button