Halal Bi Halal MAN 3 Sleman, Kembali Pada Fitrah

WhatsApp Image 2022-05-16 at 10.26.37

Sleman (MAN 3 Sleman) – Perayaan hari raya Idul Fitri 1443 H telah sepekan berlalu, dibarengi dengan berakhirnya libur lebaran. Memasuki pekan pertama di madrasah, MAN 3 Sleman menggelar acara halal bi halal pada Rabu (11/5/2022). Kegiatan yang berlangsung di masjid Muntasyirul Ulum tersebut menghadirkan ketua komite, jajaran guru dan pegawai, hingga Paguyuban Mantan Pegawai Tata Usaha dan Guru (Pamantaru) MAN 3 Sleman beserta keluarga.

Dipandu oleh M. Fauzan Budi Santosa, acara halal bi halal berjalan dengan lancar. Dalam sambutan Kepala Madrasah, Akhmad Mustaqim menyambut kehadiran para tamu undangan dengan hangat. Suasana semakin teduh dengan dibacakannya ayat suci Al Quran oleh M. Taufikurohman yang dilanjutkan dengan lantunan Asmaul Husna oleh seluruh tamu yang hadir.

Halal bi halal menjadi momentum untuk bersilaturrahmi sekaligus meminta dan memberi maaf antar sesama. Prosesi tersebut dipandu oleh Supardi melalui pembacaan ikrar syawalan, ditirukan seluruh hadirin. Usai rangkaian acara tersebut, Ustadz Arif Gunadi berkesempatan memberikan tausiah. Dalam kajiannya disebutkan bahwa 1 Syawal berarti kembali pada fitrah.

“Basic potensi yang dimiliki manusia yaitu fitrah (sejak lahir sampai meninggal).” ucapnya.

Masih menurut ustadz Arif Gunadi, maaf memaafkan sejatinya diawali dengan memohon ampunan secara vertikal, yakni kepada Allah SWT kemudian secara horizontal kepada sesama manusia. Saat saling memaafkan pada sesama, bersungguh-sungguhlah jangan sampai ada duri yang tersisa dalam hati. Begitu pun setelah bermaafan, jangan sekali kali mengumbar aib orang lain.

“Membicarakan aib orang lain merupakan satu dari sekian hal yang mampu meluluhkan pahala kita. Perbanyak istighfar dan yakinlah bahwa istighfar mampu menghapus dosa.” pesannya sebelum mengakhiri kajian. Acara ditutup dengan pembagian doorprize, saling bermaafan, dan makan bersama. (est)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
Hallo, Andy Abdullatief terimakasih telah mendaftar pada seleksi penerimaan pegawai tidak tetap MAN 3 Sleman.…
Saya sudah daftar tapi nama saya tidak tercantum. Harusnya seleksinya transparan. Apalagi institusi pendidikan.
Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Muhammad Zakly Fawwaz Dakhilulloh ingin meminta akses untuk melihat daftar calon…