Berita

Ismawati, Siswa MAN 3 Sleman Juara Menulis Esai Tingkat DIY


Sleman (MAN 3 Sleman )- Esai adalah salah satu karangan non -fiksi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) esai adalah sebuah karangan atau tulisan yang membahas masalah sepintas dari sudut pandang pribadi penulis.Tulisan pada esai harus logis dan bisa dipahami orang .Argumen yang disajikan harus didukung oleh fakta sehinggai esai tidak menjadi tulisan fiktif .

Lomba menulis esai yang diadakan oleh Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Yogyakarta dalam rangka Festival Literasi 2020 mengumumkan bahwa Ismawati Dwi Kartika , siswa kelas XI IPA 3 memperoleh juara ke -2 , mengalahkan siswa SMA . Peringkat ke -1 diduduki oleh siswa MAN 3 Bantul, juara ke-3 diduduki oleh SMA 1 Yogyakarta. Pengumuman dilaksanakan setelah sesi presentasi pada hari Ahad( 15/5 /2020).

“Naskah lomba dikumpulkan pada bulan Februari yang lalu, dan bagi peserta yang lolos akan dipanggil untuk melakukan presentasi. Alhamdulillah, saya lolos dan bisa mendapatkan juara tersebut. Saya akan berusaha mengasah kemampuan saya lagi pada ‘event’ lomba menulis di lain waktu,“ Ismi bercita-cita.

“Isma, nama panggilan akrabnya, pernah menjuarai lomba Youth Leadership Camp yang diadakan oleh XL Axiata pada bulan Oktober yang lalu. Ismi juga salah satu siswa yang suka menulis maka dia dikirim madrasah untuk mengikuti kegiatan di Bengkel Bahasa Yogyakarta” terang Siti Mutmainah, S.Pd, guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia MAN 3 Sleman.

Kepala MAN 3 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A bersyukur dan memberi apresiasi kepada Ismawati yang telah mengharumkan nama madrasah.”Menulis esai menjadikan seseorang bisa berpikir secara logis dan memiliki banyak argumen ilmiah. Semoga lebih banyak siswa yang bisa ikut lomba esai di lain waktu. Tentu saja juga lomba-lomba yang lain “, harap Mustaqim.( fit )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close