Kenali Metode Hidroponik, MAN 3 Sleman Kunjungi BBPPM Yogyakarta

Sleman (MAN 3 Sleman) – Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman melakukan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BBPPM), Kamis (26/10/2023). Lokasi tersebut berada di Jl. Parasamya No. 16 Beran, Tridadi, Sleman. BBPPM sendiri merupakan tempat studi/penelitian/PKL bagi siswa maupun mahasiswa.

Sebanyak 293 siswa dan 19 guru pendamping dibagi dalam dua tim. Tim 2 yang terdiri dari kelas X FGHR tiba terlebih dahulu di lokasi, sementara tim 1 yang terdiri dari kelas X ABCDE berada di objek yang berbeda, yakni di Bantul. Kehadiran rombongan MAN 3 Sleman lantas diterima oleh Kabag Tata Usaha, Kasubag Umum, dan PSM di depan Aula Srikandi.

Tak hanya belajar secara teori, para siswa berkesempatan melakukan observasi bahkan praktik menanam bersama para ahlinya. Didampingi fasilitator yang handal, para siswa mendapat penjelasan secara detail tentang hidroponik. Dilanjutkan dengan melakukan pengamatan tanaman sampai praktik menanam melalui media tanam rockwool.

Isni Kurnia Romadhoni, S.Pd., M.Sc. Waka bidang humas menyebutkan, kegiatan Studi Lingkungan Pembelajaran Kontekstual Terpadu (SLPKT) ini merupakan bagian dari implementasi P5RA. “Kegiatan ini merupakan agenda kedua dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alaamin atau P5RA untuk peserta didik kelas X,” kata Isni.

Dimensi dan nilai yang diharapkan berkembang dari kegiatan ini diantaranya aspek beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bergotong royong, kreatif, berkeadaban, keteladanan, dinamis, dan inovatif. Kedepannya, ilmu yang diperoleh dari BBPPM ini semoga dapat diaplikasikan di sekolah atau masyarakat dengan baik. (est)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
upload berkasnya kemana yaa min?
mohon maaf untuk pendaftaran mulai kapan yaa mohon maaf bapak
kok alamat ppb nya masih eroor ketika dibuka yaa
Barokallah, semoga capaian prestasi Ananda menjadi bekal ilmu yg dpt diterapkan sepanjang hayat. Aamiin yra