Kenalkan MAYOGA E-Library, Perpustakaan MAN 3 Sleman Gandeng KUBUKU

utama-news-20220815132814

Sleman (MAN 3 Sleman) – Sebagai upaya mewujudkan eksistensi perpustakaan digital, perpustakaan MAN 3 Sleman berkolaborasi dengan KUBUKU E-Resourches. Platform perpustakaan digital yang berdiri sejak tahun 2015 tersebut berusaha memenuhi kebutuhan para pembaca khususnya kalangan pelajar sesuai dengan perkembangan zaman. Siswa kelas X, XI, dan XII MAN 3 Sleman mengikuti sosialisasi tentang aplikasi MAYOGA E-Library di kelas masing-masing, Senin (15/8/2022).

KUBUKU E-Resourches merupakan platform perpustakaan digital yang mampu menyediakan koleksi sumber bacaan lengkap (multi penerbit), konten resmi, dan lebih memahami kebiasaan dan kebutuhan pemustaka dalam membaca buku (friendly user).

Kenalkan MAYOGA E-Library, Perpustakaan MAN 3 Sleman Gandeng KUBUKU

Kenalkan MAYOGA E-Library, Perpustakaan MAN 3 Sleman Gandeng KUBUKU

Menurut Indarti Puji Astuti, Kepala perpustakaan MAN 3 Sleman hadirnya aplikasi perpustakaan digital memberi banyak kemudahan bagi para siswa. “MAYOGA E-Library hadir sebagai media yang menyediakan layanan baik membaca maupun peminjaman buku secara online. Tidak hanya buku pelajaran, berbagai jenis novel dan buku umum pun bisa diakses,” terangnya.

Masih menurut Indarti, di era digital seperti saat ini layanan online nyatanya memudahkan para pembaca untuk memperoleh bahan bacaan dari sumber apa saja dan kapan saja. Buku terasa semakin dekat, mudah dijangkau, dan budaya membaca tetap terjaga.

M. Arif Wibowo, tim pemasaran sekaligus narasumber dari KUBUKU terlebih dahulu memperkenalkan KUBUKU dan aplikasi MAYOGA E-Library pada pemustaka, guru mata pelajaran Program Pengembangan Minat Baca (PPMB), dan mahasiswa PPL pada Jumat (12/8/2022). Arif menjelaskan cara mengakses aplikasi tersebut sebelum akhirnya disosialisasikan kepada para siswa.

Selama proses sosialisasi, Arif melihat antusiasme dari siswa sangat tinggi dalam penggunaan perpustakaan digital. Ini menjadikan hal baru yang dapat dikembangkan dalam hal literasi sekolah. “Melihat antusiasme para siswa yang sangat tinggi, semoga kedepannya koleksi buku dari perpustakaan digital MAYOGA lebih banyak lagi dan dapat mendorong literasi bacaan yang lebih luas lagi,” ucapnya.

Para siswa memperoleh informasi dan kemudahan dalam mengakses buku dari perpustakaan MAN 3 Sleman lewat aplikasi MAYOGA E-Library. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui play store (untuk HP Android) dan windows store (untuk PC/laptop). Pengguna dapat membaca dan meminjam berbagai jenis buku secara online dengan syarat sudah memiliki akun. Adanya kemudahan di era digital ini bukan menjadi suatu hambatan, namun justru memberi peluang untuk terus meng-upgrade diri mengikuti arus digitalisasi yang semakin canggih. (est)

1 thought on “Kenalkan MAYOGA E-Library, Perpustakaan MAN 3 Sleman Gandeng KUBUKU”

  1. WAH, KEREN BGT UDH MELUNCURKAN E-LIBRARY. di era digital seperti saat ini layanan online nyatanya memudahkan para pembaca untuk memperoleh bahan bacaan dari sumber apa saja dan kapan saja. dikampusku jg melayani e-library llho. ayo kuliah dikampusku dan temukann prodi impianmu. walisongo.ac.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
untuk jalur umum dibuka tanggal berapa ya?
Hallo Moonnera Adzikri Wijaya, untuk informasi ppdb bisa mengakses halaman berikut ya https://ppdb.mayoga.sch.id/
cara daftar lewat mana ya?