Berita

MMTC TV Adakan Pelatihan Citizen Journalism di MAYOGA

 

MMTC, Adakan Pelatihan Citizen Journalism di MAN Yogyakarta III

Selama tiga hari, Sabtu-Senin (9-11 Mei) 2015, Sekolah Tinggi Multi Media Training Center (MMTC) mengadakan kegiatan Off Air di MAN Yogyakarta III. Acara yang mengambil tema “How to be A Broadcaster”, berlangsung di Aula AVA berupa Pelatihan Citizen Journalism bagi 50 siswa Mayoga, khususnya anggota ekstra Jurnalistik dan KIR.

Acara yang dikemas dalam bentuk teori dan praktik ini dimulai hari Sabtu pukul 13.00 hingga sore, dibuka oleh Imam Subchi, S.PT, M.Sn (Bagian Akademik MMTC) yang menyatakan bahwa acara ini merupakan kerja sama dan pengabdian masyarakat di sekolah. Menurut Imam Subchi acara ini termasuk yang pertama dari program MMTC go to School. Kepala MAN Yogyakarta III, Drs H Suharto yang menyambut baik pelatihan ini. MMTC TV merupakan TV komunitas yang siaran 2 jam setiap Senin-Jumat.

Materi pertama tentang Dasar-dasar Broadcasting dari sisi produksi disampaikan oleh Yuni Wulandari, S.PT, M.Sn. Materi kedua oleh Bagyo Kristanto, S.PT, M.Sn. tentang Dasar-dasar Broadcasting dari sisi pengambilan gambar. Materi ketiga, Announcing dan Perencanaan Produksi yang meliputi Pengertian Teknik dan Bagaimana Menjadi Reporter oleh Dra Nunuk Parwati, MM. Di sela-sela acara diisi selingan berupa band dan kesenian karawitan siswa Mayoga dan juga band MMTC. Acara hari pertama ditutup dengan pembagian kelompok dan konsultasi Kakak Pembina.

Hari kedua dari pagi hingga sore, Produksi Berita dan materi Editing serta Praktik Langsung oleh Kakak Pembina (Kak Lintang, Ridho, Edghar, Dwiyana, Isna, Indra, Dll) dan Peserta Pelatihan. Peserta dibekali teori dan peralatan pendukung dari MMTC. Menurut penuturan beberapa peserta, diantaranya Akhid dan Shinta (MIPA 3) merasa senang dan beruntung bisa ikut acara ini. Hari ketiga, Senin sore diadakan Pemutaran Profil STMM, Hasil Karya STMM dan pengumuman pemenang serta penyerahan sertifikat. (SWD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close