Berita

Perpustakaan MAN 3 Sleman Langsungkan Visitasi Lomba Perpustakaan Kelas


Sleman (MAN 3 Sleman) – Perpustakaan kelas merupakan salah satu bentuk penguatan terhadap gerakan literasi di madrasah. Dalam pelaksanaannya memanglah tidak mudah, karena dalam hal ini diperlukan sebuah kebijakan yang dapat menggerakkan semua elemen madrasah, terutama para siswa.

Sebagai upaya pembinaan dan untuk menambah semangat siswa dalam pengelolaannya, Perpustakaan MAN 3 Sleman telah menyelenggarakan lomba perpustakaan kelas, yang sekaligus juga sebagai perayaan terhadap Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca pada September ini. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas, yang berjumlah 26 kelas. Adapun visitasi dan penilaian lomba ini telah berlangsung pada Jumat (20/9) pukul 13.00 WIB hingga 15.30 WIB.
Sementara itu, bertindak selaku juri, Perpustakaan MAYOGA, demikian nama untuk Perpustakaan MAN 3 Sleman tidak hanya melibatkan pihak internal perpustakaan saja, namun juga melibatkan Guru PPMB (Pengembangan Penalaran dan Minat Baca), Wakil Kepala Sarana Prasarana, dan Pustakawan MAN 3 Sleman. Mereka adalah Suwandi, M.Pd., Toni Perwanti, M.Pd., dan Nuzul Hidayah Yuningsih, SIP.

Adapun kriteria atau komponen penilaian dalam lomba perpustakaan kelas ini meliputi jumlah dan jenis koleksi, layout, pemanfaatan, dan karya siswa. Dan dari penilaian tersebut akan diambil 3 pemenang, sebagai juara 1, 2, dan 3, dan akan diumumkan saat upacara bendera pada 1 Oktober mendatang. Bagi juara 1 akan mendapatkan reward berupa trofi bergilir, uang pembinaan, piagam penghargaan dan paket buku bacaan. Sedangkan bagi juara 2 dan 3 akan mendapatkan reward berupa uang pembinaan, piagam penghargaan dan paket buku bacaan.

Selesai melakukan visitasi, Toni Poerwanti, M.Pd menyampaikan bahwa secara umum perpustakaan kelas sudah terlaksana dengan baik di setiap kelas. Koleksi pun sebagian besar sudah termanfaatkan oleh siswa di kelas. Hanya saja, masih ditemukan di beberapa kelas yang sistem pengadministrasiannya belum sesuai kaidah dan ketentuan yang berlaku. “Maka pendampingan dan evaluasi dari Perpustakaan MAYOGA dan Tim Satgas Literasi perlu terus dilakukan secara berkala, agar pemberdayaan terhadap perpustakaan kelas bisa maksimal . Meski tidak mudah dalam pelaksanaanya, namun kita tetap harus optimis untuk senantiasa melakukan pendampingan, monitoring, dan evaluasi terhadap jalannya program ini. Semoga ke depan perpustakaan kelas akan lebih baik dalam pengelolaannya dan maksimal dalam pemanfaatannya.”tegas Toni penuh harap.

Sementara itu, Nuzul Hidayah Yuningsih, SIP pun turut berharap semoga dengan diadakannya lomba perpustakaan kelas ini akan dapat meningkatkan minat baca siswa. Kegiatan literasi 15 menit baca pun juga akan jauh lebih efektif. (Rta/Nzl)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close