Berita

Raih Juara 3 Lomba Sesorah, Siswa MAN 3 Sleman Melaju ke Tingkat Provinsi


Sleman (MAN 3 Sleman)—Adalah Fatmawati Aisyah Azzahra Sarwana, Siswa Kelas XII IPS 2 MAN 3 Sleman pada Selasa, (15/9/2020) berhasil menyabet Juara 3 dalam Kompetisi Bahasa dan Sastra 2020 Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman dengan Kategori Sesorah Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat.

Dalam kompetisi yang digelar di Gedung Kesenian Sleman dan memperebutkan total hadiah Rp. 26.000.000,- tersebut, Fatma mampu menyisihkan 30 peserta lainnya. Dan atas kemenangannya tersebut, Fatma berhak maju ke tingkat provinsi mewakili Kabupaten Sleman bersama peraih Juara 1 dan Juara 2 dalam kategori yang sama pada 12 Oktober yang akan datang.

Menurut Fatma, ketertarikannya mengikuti lomba Sesorah ini kerena adanya pandemi Covid-19 yang melanda, yang kemudian ia merasa memiliki banyak waktu luang dan akhirnya mencoba untuk mendaftarkan diri dan terus berlatih. “Karena pandemi, yang kemudian pembelajaran pun dilakukan secara online, maka saya merasa memiliki banyak waktu luang. Dan ketika saya mendapatkan info tentang kompetisi ini, maka saya cukup tertarik,” kata Fatma melalui chat Whatsapp.

Masih menurutnya, dengan tekad kuat untuk menantang diri sendiri mengikuti lomba yang bukan di zonanya, Fatma memberanikan diri mengikuti lomba pidato yang menurutnya pula ini adalah pengalaman pertama baginya. “Alhamdulillah, dengan berbekal tekad kuat dan kerja keras selama kurang lebih dua minggu akhirnya saya berhasil mendapatkan juara 3 dalam kategori Sesorah dengan Tema “Pelajar Melu Jaga lan Ngreksa Katentreman Ngayogyakarta” ini dan Insha Allah tanggal 12 Oktober saya termasuk peserta yang akan dikirim menjadi perwakilan dari Kabupaten Sleman untuk maju ke tingkat provinsi,” lanjut Fatma dalam chatnya.

Dan saat ini, Fatma sedang giat-giatnya berlatih untuk menghafal teks dan belajar membaca dan memahami kata-kata serta istilah Bahasa Jawa yang ia belum mengerti, sebagai persiapan menuju kompetisi di tingkat provinsi. Sedangkan untuk persiapan baju dan make up sudah fixed, tinggal menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Kebudayaan.

Selamat berjuang, Fatma. Doa dari Keluarga Besar MAN 3 Sleman selalu menyertai, semoga Allah mudahkan dan lancarkan segala daya upaya menuju yang terbaik di tingkat DIY. (rta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button