Berita

Selamat dan Sukses, 31 Siswa MAN 3 Sleman Lolos SNMPTN 2021

Selamat & Sukses
Sleman (MAN 3 Sleman)—Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 telah diumumkan pada Senin, (22/03/2021) pukul 15.00 WIB secara online. Dan sebanyak 31 siswa MAN 3 Sleman telah dinyatakan lolos ke Perguruan Tinggi impian mereka. Hal tersebut seperti yang di konfirmasi oleh Angga Febiyanto, M.Pd., guru Bimbingan Konseling (BK) MAN 3 Sleman yang dirilis dalam grup WA resmi madrasah pada Senin, (22/03/2021) pukul 20.12 WIB.
Tentu mejadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi segenap civitas Mayoga bahwa di tahun ini, meski dalam kondisi berat menghadapi pandemi namun nyatanya justru jumlah siswa Mayoga yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit meningkat hampir 100 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Failasuffah, M.Pd.I., guru BK MAN 3 Sleman melalui calling WA.
“Alhamdulillah, dari kuota 40 persen SNMPTN, di tahun ini ada 31 siswa MAN 3 Sleman yang telah diterima di PTN, setelah di tahun sebelumnya hanya ada 18 siswa saja. Tentu hal ini adalah hasil kerjasama dari semua unsur, mulai dari Tim Kurikulum, para Guru BK, Wali kelas, seluruh guru, dan terutama adalah peran serta Tim sukses PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa),” terang Faila.
Dan menurutnya, pendampingan dalam memilih program studi yang didasarkan pada “Rencana Karir” ini telah dilakukan sejak di awal kelas XII. Setiap Senin, para guru BK telah melakukan pendampingan dan pembimbingan terkait SNMPTN dan pemilihan kampus favorit. Masih menurut Faila, hal yang selalu ditekankan di setiap kali melakukan pendampingan ini adalah bahwa pemilihan program studi di perguruan tinggi haruslah realistis. Selain disesuaikan dengan rencana karir masa depan, pemilihan program studi ini pun harus disesuaikan dengan nilai rapot dari semester 1 hingga 5.
Sementara itu, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., Kepala MAN 3 Sleman melalui chat WA menyampaikan perasaan bangga dan bahagianya. Mustaqim pun kemudian menyampaikan ucapan selamat dan juga pesan-pesannya kepada para siswa untuk senantiasa giat dan sungguh-sungguh dalm menuntut ilmu.
“Selamat dan sukses untuk anak-anak kelas XII yang telah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN. Giat dan sungguh-sungguhlah kalian dalam menuntut ilmu, karena kesuksesan tidak bisa diraih tanpa dengan giat dan sungguh-sungguh, bijiddin wajtihaadin, serta berdoa kepada Allah SWT,” tutur Mustaqim dalam chatnya.
“Dan jangan lupa, selalu mintalah doa dan ridho dari kedua orang tua, agar dalam menempuh studi di PTN senantiasa dimudahkan hingga lulus. Dan semoga kelak anak-anakku semuanya menjadi mahasiswa yang kritis namun realistis,” pesan Mustaqim di akhir chatnya. (rta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button