Tim Riset Gabi Plast MAN 3 Sleman Raih Juara 1 dan Best Paper LKTI UPCHANCE UGM 2021

utama-news-20211110113215

Sleman (MAN 3 Sleman) – Tim riset MAN 3 Sleman kembali mempersembahkan kejuaraan dalam lomba penelitian tingkat SMA sederajat. Tim Gabi Plast yang beranggotakan Raihana Syifa (XII IPA 1) dan Najwa Safa Wardana (XII IPA 2) memenangkan lomba karya tulis ilmiah yang digelar oleh Unit Penalaran Ilmiah Interdisipliner Universitas Gadjah Mada. Hasil penilaian dipublikasikan pada Ahad (7/11/2021). Pada event ini tim Gabi Plast memenangkan juara 1 LKTI sekaligus kategori best paper.

LKTI UPCHANCE tahun ini mengusung tema “Awareness of Climate Change” dengan sub tema energi, kesehatan, lingkungan, pendidikan, politik, sosial, dan teknologi. Melalui lomba ini pelajar dan mahasiswa Indonesia diharapkan termotivasi untuk turut andil berkontribusi aktif menyumbangkan ide dalam mendukung strategi dan inovasi untuk mengurangi dampak dari masalah perubahan iklim. Syifa dan Najwa berhasil menyabet peringkat pertama dan best paper dengan mengangkat judul “Gabi Plast : Inovasi Plester Luka Biodegradable Dari Kandungan Pegagan (Centella Asiatica) dan Binahong (Anredera Cordifolia)”.

Pada event ini, Syifa dan Najwa kembali berpasangan dalam satu tim. Sebelumnya kedua siswa berprestasi tersebut telah beberapa kali menyabet kejuaraan dalam lomba penelitian di tingkat internasional. Menurut Syifa tidak ada masalah dalam pembagian kerja tim. “Kami menyesuaikan kelebihan masing-masing contohnya, Najwa lebih mahir dalam membuat karya tulis dan membuat materi referensi, Saya lebih ahli dalam pembuatan secara fisik ataupun proses pengujian, jadi kami bekerjasama bagaimana semuanya bisa tercapai, dan kita benar-benar berusaha saling memberikan dukungan masing-masing.” terangnya.

Persiapan LKTI kali ini cukup mengisahkan pengalaman tak terlupakan bagi keduanya. Syifa dan Najwa harus berkutat dengan waktu yang begitu singkat. Bahkan 2 hari sebelum presentasi mereka hampir menginap di laboratorium kimia Madrasah untuk membuat dan menguatkan ulang makalah sebagai persiapan presentasi.

“Kendala yang kami hadapi adalah waktu. Setelah lolos abstrak, kami hanya memiliki waktu kurang dari satu minggu dalam menyelesaikan penelitian terutama pengujian dalam pembuatan plester dan pada waktu bersamaan kami diwajibkan membuat makalah 5 BAB. Setiap hari selama seminggu lebih mungkin kami hanya tidur 3 jam dikarenakan bersamaan juga dengan lomba KOPSI dan ISIF. Lalu pada 27 Oktober ada pengumuman finalis yang ternyata kami lolos dan kami hanya punya waktu sedikit  untuk mempersiapkan presentasi karena jeda waktu pengumuman finalis dan final presentasi hanya 3 hari.” ungkap Syifa.

Hasil penjurian dipublikasikan pada 7 November sekitar pukul 19.00 WIB. Kepala MAN 3 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA. mengapresiasi prestasi yang ditorehkan Tim Gabi Plast. “Selamat kepada Ananda Syifa dan Najwa atas perolehan juara 1 dan best paper LKTI. Semoga prestasi ini memberikan imbas yang baik bagi siswa lainnya.” harapnya.

Tak hanya ucapan selamat dari madrasah, kedua orang tua mereka pun senantiasa memberikan doa dan nasehat untuk tidak berpuas diri dan menjadikan transparansi nilai sebagai bahan evaluasi. (est)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
Hallo, Andy Abdullatief terimakasih telah mendaftar pada seleksi penerimaan pegawai tidak tetap MAN 3 Sleman.…
Saya sudah daftar tapi nama saya tidak tercantum. Harusnya seleksinya transparan. Apalagi institusi pendidikan.
Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Muhammad Zakly Fawwaz Dakhilulloh ingin meminta akses untuk melihat daftar calon…