Tim Riset MAN 3 Sleman Raih Medali Emas tingkat Internasional, ISIF 2021

utama-news-20211104093024

Sleman (MAN 3 Sleman) – Pada akhir bulan Oktober, Ahad (24/10/21) yang lalu tim riset MAN 3 Sleman mendapatkan medali emas dan medali perak dalam ajang lomba riset IRCYS, dan pada  awal November, Senin (24/10/21) tim riset MAN 3 Sleman kembali memperoleh medali emas dalam ajang lomba riset ISIF. Pada ajang lomba riset IRCYS (International Research Competition for Young Reserchers) medali diboyong oleh Mazaya Haifa Az-Zahra, kelas X IPA 1 dan  Rizkica Fajar Dwi Andini, kelas X IPA 1. Kali ini yang memboyong medali emas dari ISIF (International Science and Invention Fair) adalah tim 4 sekawan Nindia Mauliatush (12 IPA 1), Raihana Syifa (12 IPA 1), Najwa Safa W (12 IPA 2), dan Chintania Azahra TN (12 IPA 2).

ISIF diselenggarakan oleh IYSA (International Young Scientist Association) bekerjasama dengan UNDIP, I3L, MIICA, UMK, BUCA, dan Macedoni. Ada 36 negara peserta lomba ISIF  mulai tingkat Elementary, Secondary hingga mahasiswa, dan guru. Bagi yang papernya lolos akan mendapatkan LOA (Letter of Acceptance) dan berhak melakukan tahap selanjutnya yaitu presentasi. Terdapat 7 kategori penelitian yang dilombakan yaitu kategori Environment, Physics, Mathematics, Social Science, Technology, Others, dan Life Science. Hasil penelitian 4 sekawan termasuk kategori Life Science dengan judul Phyllus, An Essential Oil and Humidifier Machine from Natural Ingredient.

Phyllus adalah akronim dari Phyllantus Niruri, Citrus Hystrix, dan Blumea Balsamiferra. Phyllus adalah sebuah rangkaian alat yang diciptakan untuk mengharumkan dan melembabkan ruangan. Alat tersebut diisi ramuan berupa cairan yang mengandung jeruk purut (Citrus Hystrix), akar sembung, dan daun meniran. Cairan ini bisa bermanfaat sebagai pengusir nyamuk, melembabkan, mensterilkan, dan mengharumkan ruangan. Dengan 2 tetes cairan ini dan 400 ml air akan bisa membuat ruangan segar, harum, lembab dan terbebas dari nyamuk selama 6 jam,” kata Najwa, ketua tim riset Phyllus.

Kepala MAN 3 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A. mengucapkan selamat kepada  tim 4 sekawan atas prestasi yang diraih yaitu mendapatkan Gold Medal. Kepala Madrasah kemudian penasaran dengan sebutan 4 sekawan dan mengajak berbincang-bincang mereka di ruang kerja beliau.

Disebut tim 4 sekawan karena setiap lomba yang persyaratannya boleh beranggotakan maskimal 5 orang, mereka berempat selalu menjadi satu tim. Dan kekompakkan mereka dalam 1 tahun sudah menghasilkan 4 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Medali mereka peroleh dalam ajang lomba riset WISPO, AISEEF, ISTEC, IICYMS dan ISIF ini.

“Kami tidak selalu berempat kok, Pak. Pada saat ajang lomba AISEEF kami membuat tim masing-masing berdua dan Alhamdulillah masing-masing memperoleh medali emas. Kami juga menjajal ikut lomba KOPSI, AIP, dan LKTI UGM. Untuk AIP kami menjadi finalis dari 50 besar menjadi 7 besar. Untuk yang KOPSI kami ikut juga tetapi belum lolos dan pada LKTI UGM kami tidak berempat tapi kami berdua ( Najwa dan Syifa), Alhamdulillah masuk 10 besar dan akan diambil 6 besar. Kami sudah melaksanakan tahap presentasi dan tinggal menunggu pengumuman besok tanggal 7 November. Mohon doa restunya ya, Pak semoga kami  masuk 6 besar, Aamiin“, Najwa memohon doa restu.

“Kami ikut lomba riset sejak November 2020 yaitu pada saat kami di kelas 11 semester 1, pada waktu itu ikut ajang lomba WISPO dan ini, juga di bulan November 2021 kami menyumbangkan emas lagi untuk madrasah, sebuah akhir yang manis. Akhir yang manis karena bulan ini  hingga lulus nanti  4 sekawan sudah tidak mengagendakan lomba riset lagi namun harus persiapan menghadapi kelulusan dan masuk Perguruan Tinggi karena sudah kelas 12. Semoga sertifikat riset yang kami peroleh bisa untuk mendaftar Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur prestasi. Aamiin.” Syifa disertai timnya mengucapkan Aamiin.

“Sekali lagi selamat atas prestasi-prestasinya, semoga bermanfaat dan barokah. Semua wajib disyukuri.Selamat berjuang terus dan  semoga diterima di Perguruan Tinggi Negeri favorit di Yogya, sehingga tidak jauh dari MAN 3 Sleman dengan tujuan bisa sering datang di madrasah untuk menjadi pembimbing tim riset madrasah.” demikian apresiasi dan harapan Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA, Kepala MAN 3 Sleman kepada tim 4 sekawan. (fit)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
WAH, KEREN BGT UDH MELUNCURKAN E-LIBRARY. di era digital seperti saat ini layanan online nyatanya…
Hallo, Andy Abdullatief terimakasih telah mendaftar pada seleksi penerimaan pegawai tidak tetap MAN 3 Sleman.…
Saya sudah daftar tapi nama saya tidak tercantum. Harusnya seleksinya transparan. Apalagi institusi pendidikan.