Berita

ENGLISH TRAINING PROGRAM MAN YOGYAKARTA III

Program Pelatihan Bahasa Inggris. Dalam rangka peningkatan kompetensi berbahasa Inggris, MAN Yogyakarta III kembali mengadakan program pelatihan berbahasa Inggris yang berlangsung mulai tanggal 10 Februari sampai dengan 21 Februari 2016. Pelatihan ini diadakan di desa wisata Pulesari, Turi, Sleman, bekerjasama dengan FEE Center, Kediri.
Pelatihan yang diikuti 258 peserta ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang I diikuti 111 peserta kelas X IPS1, 2, dan 3, serta X PK, gelombang II diikuti 147 siswa kelas X IPA 1, 2, 3, 4, dan 5. Seluruh peserta di tempatkan di rumah penduduk menyebar di 41 homestay yang ada di sana.
Nur Wahyudin Al Aziz, S.Pd., Kepala MAN Yogyakarta III, dalam sambutannya dalam upacara pembukaan pelatihan tersebut mengatakan bahwa pelatihan ini sudah diadakan sejak tahun 2011. Tahun ini adalah pelatihan yang ke-6. Dari pelatihan sebelumnya, para siswa yang dilatih merasa mendapatkan manfaat dan bisa dengan aktif menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri. Oleh karena itu beliau berharap para siswa yang saat ini mengikuti pelatihan diharapkan mengikuti dengan sungguh-sungguh, penuh disiplin dan bersemangat agar pelatihan ini memberikan hasil yang memuaskan.
Direktur FEE, Mr. Abdul Malik yang juga memberikan sambutan dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa pada dasarnya materi pembelajaran bahasa Inggris itu sama seperti yang disampaikan di sekolah. Bedanya, program dari FEE ini dikemas dengan cara pembelajaran Fun Learning sehingga dengan mengikuti kegiatan ini siswa tidak merasa tertekan dalam belajar, tapi tercapai tujuan pembalajaran yang di harapkan. Beliau yakin bahwa siswa Mayoga bukannya tidak bisa berbahasa Inggris, tapi ada tiga kemungkinan kenapa seakan-akan siswa tidak bisa berbahasa Inggris dengan aktif. Alasan yang sering muncul adalah merasa tidak bisa, enggan, atau malu. Dengan instruktur yang telah dipersiapkan dari FEE, semua ‘rasa’ yang menghambat tersebut akan disingkirkan agar siswa sadar akan kemampuan yang telah dia miliki dan bisa menggunakan kemanpuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Mengawali pelatihan ini, Mr. Abdur Rozak selaku manager FEE memberikan motivasi belajar kepada peserta. Ada tiga tips dari beliau untuk peserta pelatihan agar berhasil dalam belajar bersama tim FEE. Tiga tips tersebut adalah disiplin, mengikuti aturan, dan taat pada instruktur. Motivasi belajar ini sepertinya menjadi pembuka kunci kesiapan peserta untuk mengikuti pelatihan. Semoga pelatihan ini berjalan lancar dan sukses mencapai tujuannya (lrm).

Berita ini juga bisa dibaca di Halaman FB MAYOGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button