Berita

Pelatihan Penggunaan Libsys di Perpustakaan MAYOGA

Perpustakaan MAN Yogyakarta III (MAYOGA) pada Rabu (2/3/2016) melaksanakan kerjasama dengan perusahaan MSI (Media Solusi Informatika), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengembang IT untuk perpustakaan dalam kegiatan “Pelatihan Dasar Penggunaan Software Perpustakaan Libsys (Library System) Online-Digital”. Bertempat di Ruang Referensi Perpustakaan MAYOGA, sebanyak 50 tenaga perpustakaan dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN se-Kabupaten Sleman mengikuti pelatihan ini. Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan MAN Yogyakarta III, Ibu Rini Utami, S.Pd menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak MSI yang telah berkenan menjadi mitra bagi Perpustakaan MAYOGA selama ini, dan apresiasi yang tinggi pula untuk para pengelola perpustakaan sekolah di wilayah Kabupaten Sleman yang telah berkenan hadir dan memenuhi undangan untuk saling belajar bersama dan menimba ilmu terkait penerapan Teknologi Informasi (TI) di perpustakaan sekolah.

Adapun hal yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah adanya tuntutan perpustakaan untuk mampu memberikan layanan yang berkualitas kepada para pemustakanya. Dimana saat ini, kebutuhan pemustaka semakin luas, baik ragam maupun aksesnya. Efisien dan efektif, dua hal inilah yang dibutuhkan pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Di samping itu, kini perkembangan teknologi, komunikasi, dan informasi tak terbendung lagi. Teknologi Informasi (TI) telah merambah ke berbagai sendi kehidupan, termasuk di perpustakaan. Maka dari itulah, perpustakaan harus segera bertransformasi atau menyesuaikan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penerapan TI di perpustakaan menjadi sebuah alternatif bagi perluasan informasi dan akses yang cepat bagi pemustakanya. Dengan penerapan TI ini pula akan dapat mengotomatiskan pengelolaan dan pelayanan di perpustakaan. Sehingga dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan akan mendorong perpustakaan sekolah, khususnya di wilayah Kabupaten Sleman untuk segera melakukan perubahan, yang tadinya pelayanannya masih bersifat konvensional ke sistem layanan modern berbasis IT. (Rits/Mtf)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close