Gelar Upacara Bendera, Kepala MAN 3 Sleman Ingatkan Makna Sumpah Pemuda

Sleman (MAN 3 Sleman) – Civitas akademika MAN 3 Sleman menggelar upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2023). Upacara berlangsung di halaman depan dengan Kepala Madrasah, Moh. Fadlil Afif, Lc., M.Pd sebagai pembinanya.

Kegiatan ini dilakukan guna mengingat kembali perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Peringatan ke 95 tahun ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”. Tema tersebut mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan berkolaborasi dalam memajukan Indonesia.

Dalam amanatnya, Fadlil mengajak peserta upacara mengucapkan kembali isi sumpah pemuda. Dirinya mengingatkan kepada seluruh peserta upacara khususnya para siswa akan pentingnya makna yang terkandung dalam tiga poin tersebut.

“Isi Sumpah Pemuda menjadi pedoman dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yakni Indonesia,” ujarnya.

Dengan Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat. Sebelumnya, organisasi pemuda berasal dari daerah yang berbeda bahasa, agama, suku bangsa, adat istiadat, dan budaya. Namun mereka memiliki tujuan yang sama yakni menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan terbebas dari segala bentuk perbedaan, imbuhnya. (vik)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
artikel pengetahuan AI sungguh bermanfaat. Era digital membuka berbagai peluang melalui kemajuan teknologi yang canggih.…
Pendaftaran MAN 3 Sleman belum bisa diakses dari tgl.4 Januari 2024 hingga tgl 8 Januari…
Saya ingin menjadi siswa yang memiliki keseimbangan antara ilmu dan agama maka dari itu saya…