Guru BK dan Staf Kesiswaan MAN 3 Sleman Hadiri Seminar Nasional Bullying

Sleman (MAN 3 Sleman) – Bertempat di Aula Kampus Universitas PGRI Yogyakarta, pada Jum’at (17/11/2023) diselenggarakan Seminar nasional dalam rangka Hari Guru Nasional. Mengambil tema “Wujudkan Madrasah Ramah Anak, Bebas dari Bully”.

Seminar ini diprakarsai oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama DI Yogyakarta. Sebagai narasumber dihadirkan ketua Himpaudi Jateng, Dedi Andrianto, S.Pd. S.Sos, dan ketua KPAI 2017-2022, Dr. Susanto, MA.

Dr. Failasufah dan Siti Mutmainnah, S.Pd. sebagai utusan peserta dari MAN 3 Sleman mengikuti seminar dari awal hingga akhir acara. Sebagai guru BK dan staf Kesiswaan MAN 3 Sleman, keduanya merasa seminar ini sangat bermanfaat dan penting diterapkan sebagai landasan dalam membimbing dan mengarahkan siswa madrasah dengan metode yang humanistik.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag dalam sambutannya, mencanangkan Deklarasi Madrasah Ramah Anak, agar anak-anak merasa nyaman saat menuntut ilmu di madrasah dan mewujudkan Madrasah Bebas Bullying. Seminar ini dihadiri peserta dari berbagai kalangan mulai dari guru-guru RA, MTs, sampai Madrasah Aliyah se DIY, pengawas dan pondok pesantren.

Terdapat beberapa hal penting yang disampaikan seperti, madrasah hendaknya mewujudkan keamanan dan kenyamanan di lingkungannya serta membebaskan madrasah dari bullying. Kepala Kanwil Kemenag DIY meminta seluruh Madrasah hendaknya mengembangkan cyber madrasah, dengan Tagline “Madrasah Yogya Istimewa” dengan cara mengoptimalkan penggunaan teknologi secara efektif dalam pembelajaran, menerapkan pembelajaran berbasis digital, mengembangkan konten pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter, membentuk Tim Anti Bullying dan Madrasah Ramah anak di Madrasah.

Seminar ini dihadiri pula Staffsus Menteri Agama RI, Bidang Media dan Komunikasi, H. Wibowo Prasetyo yang menyampaikan apresiasi. “Madrasah memiliki keunggulan dan banyak capaian, nilai plus yang luar biasa adalah penanaman nilai keagamaan. Pun Guru madrasah berperan memperkuat branding madrasah. Selamat Hari Guru Nasional 2023,” ucapnya. (isn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
upload berkasnya kemana yaa min?
mohon maaf untuk pendaftaran mulai kapan yaa mohon maaf bapak
kok alamat ppb nya masih eroor ketika dibuka yaa
Barokallah, semoga capaian prestasi Ananda menjadi bekal ilmu yg dpt diterapkan sepanjang hayat. Aamiin yra