MAN 3 Sleman Sabet Juara Harapan 2 LKTI Semarak Geografi Tingkat Nasional

Sleman (MAN 3 Sleman) – Kemenangan kembali diraih oleh Tim Riset MAN 3 Sleman dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Semarak Geografi Tingkat Nasional (SGTN). Pada event yang ke-13, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada (25-26/11/2023).

Dua siswi berbakat, Atika Rahma Mutiara Hakim dan Fani Latifah Nur Khasanah dari kelas XII IPA 4, berhasil memperoleh predikat juara harapan 2. Kepala MAN 3 Sleman, Moh. Fadlil Afif, Lc, M.Pd. dan Wakil Kesiswaan M. Fauzan Budi S, S.Ag memberikan ucapan selamat atas prestasi yang luar biasa ini.

“Selamat kepada Atika Rahma Mutiara Hakim, Fani Latifah Nur Khasanah, dan seluruh Tim Riset Mayoga. Semoga prestasi ini menjadi awal dari pencapaian-pencapaian gemilang yang akan terus menghiasi perjalanan kalian ke depan,” ucap Fadlil.

Lomba SGTN kali ini menghadirkan persaingan ketat dari 60 tim peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tim Riset Mayoga dari MAN 3 Sleman menyoroti kearifan lokal dalam pengelolaan air berkelanjutan, khususnya pada Umbul Temanten. Tema penelitian mereka menjadi relevan dengan isu global saat ini, terutama dalam konteks Sustainable Development Goals, dengan fokus pada poin ke-6 mengenai air bersih dan sanitasi layak.

Setelah melewati seleksi ketat, Tim Riset Mayoga berhasil masuk dalam 10 besar nasional, yang kemudian mempresentasikan karyanya secara luring di gedung FISHIPOL UNY. Presentasi tersebut menjadi ajang bagi mereka untuk membagikan temuan dan pemahaman mendalam mereka terhadap isu kearifan lokal dalam konteks pengelolaan air berkelanjutan.

Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan MAN 3 Sleman tetapi juga menunjukkan dedikasi dan komitmen serius MAN 3 Sleman dalam menyumbangkan pemikiran dan solusi untuk tantangan global melalui penelitian. (aya)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya
Komentar Terbaru
upload berkasnya kemana yaa min?
mohon maaf untuk pendaftaran mulai kapan yaa mohon maaf bapak
kok alamat ppb nya masih eroor ketika dibuka yaa
Barokallah, semoga capaian prestasi Ananda menjadi bekal ilmu yg dpt diterapkan sepanjang hayat. Aamiin yra