Berita

MAN 3 Sleman Buka English Super Camp 2019


Sleman ( MAN 3 Sleman )- Salah satu kegiatan istimewa yang akan diadakan di MAN 3 Sleman, Mayoga Sekolah Para Juara adalah Mayoga English Super Camp( Mayoga ESC ) 2019. Bertempat di ruang AVA , ketua panitia kegiatan, Thoha, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan Mayoga ESC, Sabtu (21/9 ).

Peserta kegiatan Mayoga ESC adalah seluruh siswa kelas X IPA, IPS , dan Program Keagamaan. Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 minggu mulai Senin 23 September – 4 Oktober. “ Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris para siswa kelas X dan akan dibimbing oleh para tutor dari Prodi Bahasa Inggris UII . Tempat kegiatan berada di kelas dan akan diselingi menginap di desa wisata Pulesari, Wonokerto, Turi untuk melakukan outbound dengan susur sungai, dilanjutkan kunjungan ke kampus UII dan museum Merapi dan acara puncaknya adalah
unjuk kebolehan (performance) semua peserta ESC,” jelas Thoha.

Amy Syamsiah Zainal, M.Pd. menjelaskan bahwa kelas akan di bagi menjadi kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 15 siswa saja, setiap ucapan akan selalu berbahasa Inggris, baik di madrasah maupun pada saat outbound , di UII, di museum hingga kegiatan berakhir . Dan pada acara puncak yaitu tanggal 4 Oktober setiap siswa dan kelompok wajib melakukan ‘performance’ atau menampilkan pertunjukan. Bisa menampilkan story telling (bercerita), berpidato, menyanyi, drama, membaca puisi, berpantun, dan sebagainya.

Pada acara ‘performance’ tersebut orangtua, para pejabat dan masyarakat sekitar akan diundang untuk menyaksikan.”Selamat berlatih belajar ‘practice speaking English ‘ tetapi ingat setiap sikap dan tingkah laku tetap berpegang ada 7 karakter Mayoga yaitu discipline,honest, hard work, tough, competitive, good manners, , care, and religious,” pesan Ms Amy penuh harap.

Mewakili Kepala Madrasah , Waka Humas, Mucharom ,M.Si menyampaikan pesan kepada para peserta Mayoga ESC, ada 3 modal utama untuk bisa sukses. Seseorang yang ingin sukses ,dia harus memiliki karakter atau berakhlak mulia, tidak ada artinya orang pandai tetapi menjadi koruptor. Karakter suatu bangsa bisa dilihat dari cara berkendaraan warganya. Alumni Mayoga harus menjadi penerus bangsa yang beretika dan berakhlak mulia. Dia juga harus mempunyai kompetensi atau skill atau keterampilan. Latihan berbahasa Inggris ini merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Bahasa Inggris masih dan akan terus digunakan karena merupakan bahasa internasional. Bahasa kita, bahasa Inggris dan bahasa Arab setidaknya kita kuasai. Dan yang ketiga adalah kemampuan literasi atau banyak membaca karena membaca adalah jendela dunia. (fit ).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close