Berita

Monitoring Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY

 

Pada hari Selasa, tanggal 2 April 2019, Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan didampingi Kepala Kemenag Sleman Sya’ban Nuroni melaksanakan kegiatan Monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat Madrasah Aliyah di MAN 3 Sleman.

Kehadiran rombongan disambut langsung oleh Kepala MAN 3 Sleman Nur Wahyudin Al Azis. Dalam wawancaranya dengan reporter TVRI, Edhi Gunawan mengatakan :” bahwa UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)  merupakan kebijakan yang tepat sebagai alat  evaluasi pendidikan di tingkat Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah. UNBK secara ekonomi efisien dan praktis. UNBK secara Integritas juga baik. Madrasah Ibtidaiyah diharapkan ke depannya juga sudah melaksanakan UNBK. Sistem ini meminimalkan tertukarnya soal, tidak terjadi kelambatan soal, ketidakjelasan hasil cetak soal. Selain itu, UNBK tidak memiliki kerumitan pengumpulan jawaban ujian nasional (LJUN).”

Nur Wahyudin Al Azis menambahkan, UNBK lebih mengakomodasi siswa dengan keterbatasan penglihatan (low vision), tulisan dan gambar bisa diperbesar. Hasil UN bisa diumumkan lebih cepat.

Nur Wahyudi Al Azis menjelaskan, UNBK di MAN 3 Sleman dilaksanakan dua sesi sehingga selesai pukul 12.30 WIB, diikuti 253 peserta. UNBK di MAN 3 Sleman diusahakan hanya dua sesi agar lancar dan meminimalkan gangguan teknis saat pelaksanaan. Peserta lebih bugar dan sehat saat menghadapi Ujian. Untuk menyiapkan siswa agar sukses UNBK, MAN 3 Sleman telah melakukan berbagai strategi sukses UNBK 2019, diantaranya Program Pendalaman Materi, One Day Before, Pendampingan Siswa. Untuk kesiapan mental, diantaranya dilaksanakan Program Achievment Motivation Training, Dhuha dan doa bersama, out bond,Senam kebugaran. (IP)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close