Berita

Perpustakaan MAN 3 Sleman Rayakan Hari Kunjung Perpustakaan


Sleman (MAN 3 Sleman) – Bulan September menjadi bulan penting bagi dunia kepustakawanan, khususnya di Indonesia. Setidaknya ada tiga momen penting yang telah dicanangkan oleh pemerintah di bulan ke sembilan ini, yakni bulan September ditetapkan sebagai Bulan Gemar Membaca, 8 September diperingati sebagai Hari Aksara Internasional, dan 14 September sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Ketiga momen tersebut bermuara pada satu hal yang sama, yakni untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Membaca menjadi sebuah hal penting, karena membaca merupakan pintu gerbang sebuah peradaban. Semakin tinggi tingkat kegemaran membaca masyarakat, maka semakin maju pula peradaban suatu bangsa.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh instansi perpustakaan untuk memperingatinya. Seperti halnya di Perpustakaan MAYOGA, sebutan untuk perpustakaan di MAN 3 Sleman. Ada berbagai rangkaian kegiatan menarik yang digelar di bulan September ini. Seperti diterangkan oleh Dra. Khusnul Daroyah, Kepala Perpustakaan MAN 3 Sleman bahwa untuk menyemarakkan momen-momen penting tersebut, kami telah menyusun serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan menarik seperti hari ini, Sabtu (14/9) bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan. “Telah kita sediakan 20 gantungan kunci bertuliskan quote-quote menarik seputar membaca dan perpustakaan untuk kita bagikan secara cuma-cuma bagi 20 orang pengunjung pertama di Perpustakaan MAYOGA pada hari ini. Tak hanya itu saja, kami juga menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Kelas dan Pembuatan Web Perpustakaan. Penilaian kedua lomba tersebut sudah kita mulai sejak tanggal 2 September yang lalu, dan akan kita umumkan pada tanggal 23 September yang akan datang,” terang Khusnul.

Dikatakan, bahwa Lomba Perpustakaan Kelas ini akan memperebutkan trofi bergilir dari Perpustakaan MAYOGA ditambah dengan bingkisan berupa buku bacaan dengan harga sesuai tingkatan kejuaraan. Adapun kriteria penilaian dalam lomba ini adalah dari komponen koleksi, layout, pemanfaatan, dan karya siswa yang dipajang di masing-masing kelas. Sedangkan Lomba Pembuatan Web Perpustakaan nantinya akan memperoleh uang pembinaan Rp. 250.000,- + sertifikat bagi Juara 1, Rp. 200.000,-+ sertifikat bagi Juara 2, dan Rp. 150.000,- + sertifikat bagi Juara 3. Dan hasil karya terbaik akan menjadi hak milik Perpustakaan MAYOGA dan akan digunakan sebagai web resmi perpustakaan.

Dengan mengusung tema “Perpustakaan untuk Semua”, maka dengan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan minat kunjung ke perpustakaan. Sehingga perpustakaan betul² menjadi tempat yg paling menyenangkan di madrasah ini, dapat memberikan manfaat luas bagi para pemustakanya, dan dari perpustakaan, ayo! kita bangun peradaban bangsa yang berkemajuan. Demikian Khusnul menyampaikan harapan sekaligus mengakhiri penjelasannya. (Rta)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close